Penyakit Menular Pada Kulit Kepala & Rambut

Penyakit Menular Pada Kulit Kepala & Rambut - Terdapat dua jenis penyakit pada rambut dan kulit kepala yaitu: infeksi dan non – infeksi . Penyakit infeksi adalah penyakit yang bisa menular dari satu orang ke orang lain . Contohnya adalah : impetigo , kutu di kepala , kurap , kudis , kutil dsb.

Penyakit Menular Pada Kulit Kepala & Rambut
Penyakit Menular Pada Kulit Kepala & Rambut

Penyakit Menular Pada Kulit Kepala & Rambut

Tingkat keparahan infeksi dan bahaya penyakit ini kepada orang-orang di sekitarnya mungkin berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui gejalanya , menentukan penyebabnya dan memulai pengobatan yang tepat sesegera mungkin . Untuk itu , mari kita lihat beberapa penyakit menular umum dari kulit kepala dan rambut .

Penyakit Menular Pada Kulit Kepala Impetigo

Ini adalah penyakit yang sangat menular yang paling sering pada antara anak-anak . Penyebabnya adalah bakteri (Staphylococcus aureus / pyogenes) yang masuk melalui luka atau cedera di kulit kepala. Impetigo ditandai dengan adanya lepuhan lembab yang besar yang secara bertahap kering dan membentuk kerak berwarna kuning .

Kudis

Kudis adalah infeksi kulit ektoparasit yang disebabkan oleh tungau hewan kecil yang dapat masuk melalui kulit kepala dan bertelur di sana. Hal ini ditandai dengan adanya ruam gatal dan bintik-bintik kemerahan serta lubang di kulit kepala .

Kutil

Kutil sedikit berbentuk benjolan , yang biasanya ditemukan pada tangan dan kaki , namun dapat juga terjadi pada kulit kepala. Penyebab infeksi ini adalah human papillomavirus ( HPV ) , yang ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi .

Kurap

Yang satu ini juga dikenal sebagai Tinea capitis . Ini adalah penyakit kulit kepala yang sangat menular yang ditandai dengan bercak merah muda yang secara bertahap berkembang menjadi berbentuk bulat dengan rambut yang rusak . Penyebab infeksi ini adalah jamur yang dapat menyebar secara langsung atau tidak langsung melalui sisir dan sikat , pakaian dan handuk .

Penyakit Menular Pada Kulit Kepala Kutu Kepala

Ini adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh serangga kecil bersayap yang bersifat parasit (kutu kepala) yang menghabiskan seluruh hidup mereka pada kulit kepala , bertelur , berkembang biak dan menghisap darah manusia . Infeksi ini sangat umum terjadi pada anak-anak .

Folikulitis

Folikulitis adalah suatu infeksi peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri (Staphylococcus aureus) yang masuk ke kulit kepala melalui goresan atau melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi .

Ini adalah penyakit menular yang sering terjadi pada kondisi kulit kepala dan rambut . Jika Anda termasuk orang yang mengalami salah satu gangguan diatas, maka segeralah untuk berobat dan berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah penyebaran dan tingkat infeksi yang akan ditimbulkannya.

Related Posts:

0 Response to "Penyakit Menular Pada Kulit Kepala & Rambut"

Posting Komentar